Thursday, October 20, 2011

e-commerce...

Saya akan menjelaskan mengenai perdagangan elektronik (e-commerce)
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Di Indonesia perkembangan e-commerce cukup pesat contohnya banyak sekali penjual-penjual barang yang memasarkannya melaui situs online, baik situs yang mereka buat sendiri ataupun jejaring sosial.
Beberapa tips dan trik dari saya jika anda ingin melakukan transaksi online diataranya :
-Pastikan reputasi penjual tidak buruk(bukan penipu), anda bisa mengetahui baik buruknya penjual dengan melihat reputatinya (jika anda berbelanja di Ebay, Kaskus, dll) atau mencari nomer rekening penjual tersebut melalui search engine, biasanya penjual yang reputasinya buruk maka akan banyak pembeli-pembeli yang telah tertipu lalu membuat surat terbuka
-Pastikan anda menulis alamat dengan benar karena jika salah barang yang anda pesan tidak akan sampai
-Pastikan anda memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan anda dan jangan mempermainkan penjual karena reputasi anda akan menjadi buruk (jika anda berbelanja di Ebay, Kaskus, dll)
-Jika barang yang akan anda beli mempunyai harga yang tinggi (contoh Handphone, Laptop, dll) lebih baik anda melakukan sistem COD (Cash On Delivery) dimana penjual dan pembeli bertemu di dunia nyata untuk bertransaksi
Demikian yang dapet saya jelaskan mengenai e-commerce, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih telah membaca tulisan saya.
Source : Wikipedia dan pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment