Thursday, February 17, 2011

Makhluk yang paling cerdas

Manusia, adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk tuhan yang lainnya. Manusia dilahirkan dengan akal, itulah yang menjadi nilai tambah manusia diantara makhluk-makhluk tuhan yang lainnya. Kehausan akan pengetahuan membuat akal manusia berkembang dari jaman ke jaman, dari jaman kosmosentris yang fokus kepada pembentukan alam semesta dan jagad raya lalu kemudian jaman teosentris yang fokus kepada pencarian tuhan dan yang terakhir adalah jaman antroposentris yang fokus kepada manusia itu sendiri.

Berkembangnya pengetahuan manusia membuat manusia menjadi makhluk yang semakin cerdas dibuktikan dengan beberapa penemuan yang sangat berguna dan kita gunakan sampai saat ini, seperti alat komunikasi dan dan alat transportasi yang semakin hari semakin canggih. Namun pengetahuan dan rasa ingin tahu manusia inilah yang membuat manusia lupa bahwa sesungguhnya manusia harus menjaga alam dan sumber dayanya agar alam tidak rusak dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui bisa terus ada, akibatnya terjadilah pemanasan global seperti menipisnya lapisan ozon yang melindungi bumi dan perubahan cuaca yang tak menentu.

Setelah merasakan akibat dari perbuatannya, akhirnya manusia mulai berfikir bahwa manusia harus hidup selaras dengan alam lalu manusia mulai menciptakan berbagai hal yang ramah lingkungan, contohnya adalah kendaraan yang berbahan bakar tenaga matahari dan berbagai macam gadget yang dibuat menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Mudah-mudahan manusia bisa terus mengembangkan berbagai hal yang ramah lingkungan dan bisa membuktikan bahwa manusia adalah makhluk yang paling cerdas, yang bisa terus berinovasi dengan hal-hal yang baru untuk menjawab rasa ingin tahunya namun bisa menjaga alam dan sumber daya alamnya agar tetap terjaga, Amin.

No comments:

Post a Comment