Thursday, October 20, 2011

Temuan Psikologi dan Internet...

 Temuan Prisologi dan internet, saya mendapat hasil temuan penelitian psikologi dan internet sebagai berikut :

LONDON l SURYA Online- Komputer dan internet mengubah sifat ingatan manusia, demikian kesimpulan penelitian yang dimuat di majalah Science.

Penelitian psikologi menunjukkan bahwa jika seseorang diajukan pertanyaan-pertanyaan sulit, mereka akan memikirkan komputer.

Ketika mereka mengetahui bahwa berbagai fakta nantinya akan didapat lewat komputer maka ingatan mereka menjadi tidak begitu baik karena mereka mengetahui dapat mengandalkan sumber lain.

Para peneliti mengatakan internet bertindak sebagai “ingatan transaktif”.

Penulis laporan Betsy Sparrow dari Universitas Columbia mengatakan ingatan transaktif “adalah ide adanya sumber ingatan luar - tempat penyimpanan di pihak lain”.

“Ada ahli-ahli hal tertentu dan kita membiarkan mereka bertanggung jawab atas informasi tersebut,” katanya.

Penulis lain laporan Daniel Wegner, yang pertama kali mengusulkan konsep ingatan transaktif dalam bab sebuah buku berjudul Ketergantungan Kognitif pada Hubungan Dekat, menemukan pasangan yang sudah lama hidup bersama saling membantu saat mengingat sesuatu.

“Saya berpikir internet menjadi sebuah bentuk ingatan transaktif dan saya ingin mengujinya,” kata Dr Sparrow.

Bagian pertama pengkajian adalah menguji apakah peserta penelitian “langsung” memikirkan komputer dan internet begitu diajukan pertanyaan sulit. Tim menggunakan tes Stroop yang dimodifikasi.

Tes Stroop standar mengukur berapa lama waktu yang diperlukan partisipan untuk membaca sebuah kata warna sementara kata tersebut berbeda warna, misalnya kata “hijau” ditulis dengan warna biru.

Waktu reaksi meningkat ketika, bukannya kata warna, para partisipan ditanyakan untuk membaca kata-kata tentang topik yang kemungkinan sudah ada dalam pikiran.

Dengan cara ini tim peneliti menunjukkan bahwa, setelah diberikan topik dengan jawaban ya/tidak, waktu reaksi terhadap istilah yang terkait dengan internet sangat lebih lama. Ini adalah sebuah isyarat partisipan tidak mengetahui jawaban, dan mereka sudah mempertimbangkan untuk menjawab dengan menggunakan komputer.

Dalam percobaan lebih mendalam para peserta penelitian diberikan serangkaian fakta. Setengahnya diminta menyimpannya pada sejumlah folder di komputer, setengahnya diberitahu bahwa fakta-fakta tersebut akan dihapus.

Ketika diminta untuk mengingat fakta tadi, kelompok yang mengetahui informasi tidak akan didapat lagi menunjukkan kinerja yang sangat lebih baik dibandingkan kelompok yang menyimpan fakta dalam berkas di komputer.

Tetapi kelompok yang mengharapkan informasi tersebut akan didapat nantinya, sangat bagus ingatannya dalam mengingat folder tempat penyimpanan informasi.

“Ini mengisyaratkan bahwa dalam kaitan dengan berbagai hal yang bisa kita dapatkan di internet, kita cenderung menempatkan ingatan online - kita cenderung menyimpannya di luar,” kata Dr Sparrow.

Dia mengatakan kecenderungan partisipan untuk mengingat lokasi informasi, bukannya informasi itu sendiri, merupakan isyarat orang semakin tidak bisa mengingat sesuatu, mereka hanya mengatur penempatan informasi dalam jumlah besar agar nantinya mudah didapat.

“Saya tidak menganggap Google membuat kita bodoh - kita hanya mengubah cara mengingat… Jika kita bisa mendapatkannya di internet meskipun sedang berjalan-jalan, maka ketrampilan yang diperlukan, yang perlu diingat adalah ke mana harus mendapatkan informasi. Sama seperti dalam kaitannya dengan orang - ketrampilan yang diperlukan adalah mengingat siapa yang perlu ditemui (untuk mengetahui hal tertentu),” katanya.

dari hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa internet dapat melemahkan ingatan seseorang oleh karena itu ada baiknya jika kita melatih ingatan kita agar tidak melemah dan selalu bergantung dengan internet.
Source: Surya
read more “Temuan Psikologi dan Internet...”

Komunikasi di Internet...

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang komunikasi di internet.
Dijaman yang serba modern ini semua hal menjadi lebih cepat seperti contoh, jika di jaman dahulu seseorang yang berada di sumatera ingin mengirim pesan kepada saudaranya yang ada di jawa maka butuh waktu berhari-hari hingga akhirnya pesan tersebut sampai, sedangkan sekarang jika ingin mengirim pesan tinggal buka handphone lalu ketik-ketik lalu kirim dan taraaa seketika pesan itu terkirim maka seketika itu pula pesan tersebut sampai (jika di daerah yang bersinyal bagus), nah jika barusan saya sedikit berbicara mengenai komunikasi lewat handphone sekarang saya akan berbicara tentang komunikasi di internet.

Komunikasi di internet adalah komunikasi yang di lakukan menggunakan jaringan internet, ini merupakan salah satu fitur internet karena internet adalah jaringan yang menghubungkan satu komputer ke komputer lain di seluruh dunia maka rasanya sangat mungkin jika terjadi komunikasi di dalam jaringan internet, sebenarnya komunikasi di internet sangat mudah dilakukan, jika seseorang bisa menggunakan internet maka ia telah melakukan komunikasi kenapa bisa begitu, jika di analogikan, seseorang yang menggunakan internet misal untuk browsing maka secara tidak langsung sudah terjadi komunikasi di internet karena komputer yang digunakan orang tersebut meminta data dari server dan server memberinya, itu adalah komunikasi antar komputer dan sekarang saya akan menjelaskan tentang komunikasi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat dunia lewat internet.

Komunikasi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat dunia lewat internet seperti yang telah saya bicarakan tadi merupakan salah satu fitur internet dan saya akan merincikan lagi tentang komunikasi apa saja yang ada di internet.

Pertama email, mungkin sebagian besar pengguna internet mempunyai email karena email biasanya digunakan untuk memverrifikasi sesuatu yang di daftarkan di internet, seperti komunitas online, game online, dll. Ok kembali ke awal tentang email, email merupakan electronic mail atau pesan elektronik yang mana kegunaan email itu sendiri hampir sama dengan sms atau pesan singkat yang ada di handphone namun email memiliki fitur yang lebih banyak seperti bisa mengirim video, foto dan dokumen.

Kedua adalah chatting, chattinng sebenarnya hampir sama dengan email namun chatting lebih real time sehingga komunikasi yang terjadi diantara kedua atau lebih orang yang chatting bisa lebih cepat, ibaratnya chatiing itu sama seperti ngobrol namun lewat teks, chatting biasanya adalah fitur tambahan dari email karena biasanya email-email yang ada juga menyediakan layanan chatting tapi sekarang tidak hanya email yang mempunyai fitur-fitur chatting namun jejaring sosialpun mempunyai fitur chatting. Namun sekarang fitur chatting tidak hanya memungkinkan penggunanya mengobrol lewat teks tapi bisa juga bertatap muka, ya ini merupakan video call dan untuk melakukan video call dibutuhkan webcam dan aplikasi-aplikasi seperti yahoo messenger, skype, dll.

Ketiga adalah yang sekarang sedang booming yaitu jejaring sosial, jejaring sosial merupakan salah satu sarana berkomunikasi melalui internet dan setiap jejaring sosial biasanya mempunyai fitur yang berbeda satu sama lain seperti contoh facebook yang mempunyai fitur chat, game, dll dan twitter yang mempunyai fitur follow, tweet, dll.

Jadi kesimpulan saya mengenai komunikasi di internet adalah, semua orang yang melakukan sambungan ke internet secara tidak langsung sudah berkomunikasi di internet dan komunikasi di internet juga sangat berguna sekali karena mempermudah untuk mengirim suatu pesan, dokumen, gambar, video dll tanpa terbatas ruang dan waktu, terima kasih telah membaca tulisan saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Source : Pengalaman pribadi
read more “Komunikasi di Internet...”

Search engine...

Sekarang saya akan menjelaskan mengenai search engine, mungkin di jaman sekarang ini search engine bukanlah hal yang asing karena hampir semua masyarakat baik tua maupun muda menggunakan search engine, mungkin ada sebagian orang yang tidak mengetahui search engine namun menggunakannya, "loh kok bisa ??" ya karena di indonesia ini search engine itu identik dengan google, jadi jika anda bertanya apakah search engine kepada sebagian orang awam mungkin tidak bisa menjawabnya namun jika anda bertanya apakah google, pasti mereka bisa menjawabnya, karena google merupakan salah satu search engine yang paling terkenal di indonesia, biasanya banyak anak-anak muda yang membuat julukan kepada google seperti om google, pa'de google dll, selanjutnya saya akan menjelaskan apakah search engine itu.

Search engine atau mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.[1]

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.

Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.

Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metode nya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.

Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian, jadi search engine bisa juga dijadikan sarana promosi bagi bloger-bloger agar trafficnya menjadi tinggi sehingga banyak pengunjung yang datang ke blog mereka lalu meng-klik iklan-iklan yang ada sehingga mereka mendapatkan uang.
Source : Wikipedia
read more “Search engine...”

e-commerce...

Saya akan menjelaskan mengenai perdagangan elektronik (e-commerce)
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Di Indonesia perkembangan e-commerce cukup pesat contohnya banyak sekali penjual-penjual barang yang memasarkannya melaui situs online, baik situs yang mereka buat sendiri ataupun jejaring sosial.
Beberapa tips dan trik dari saya jika anda ingin melakukan transaksi online diataranya :
-Pastikan reputasi penjual tidak buruk(bukan penipu), anda bisa mengetahui baik buruknya penjual dengan melihat reputatinya (jika anda berbelanja di Ebay, Kaskus, dll) atau mencari nomer rekening penjual tersebut melalui search engine, biasanya penjual yang reputasinya buruk maka akan banyak pembeli-pembeli yang telah tertipu lalu membuat surat terbuka
-Pastikan anda menulis alamat dengan benar karena jika salah barang yang anda pesan tidak akan sampai
-Pastikan anda memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan anda dan jangan mempermainkan penjual karena reputasi anda akan menjadi buruk (jika anda berbelanja di Ebay, Kaskus, dll)
-Jika barang yang akan anda beli mempunyai harga yang tinggi (contoh Handphone, Laptop, dll) lebih baik anda melakukan sistem COD (Cash On Delivery) dimana penjual dan pembeli bertemu di dunia nyata untuk bertransaksi
Demikian yang dapet saya jelaskan mengenai e-commerce, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih telah membaca tulisan saya.
Source : Wikipedia dan pengalaman pribadi
read more “e-commerce...”